0

Contoh Sederhana Servlet

Untuk contoh kali ini, saya menggunakan Netbeans IDE 6.5 , untuk itu secara default akan terinstal Tomcat. Jadi tidak perlu untuk menginstal Tomcat tersendiri.


Langkah awal, buat baru dan pilih project web application.

Selanjutnya, beri nama project anda, lalu tempatkan dimana project anda akan disimpan. Untuk contoh ini, saya memberi nama project dengan "GetForm".

Dan pastikan settingan anda benar.

Maka akan muncul project kita pada samping kiri.

Setelah itu buatlah servlet baru, dengan klik kiri pada folder Source Packages --> New --> Servlet.


Lalu berikan nama untuk class anda dan package anda. Untuk contoh ini, kita beri nama class dengan nama "FormServlet" dan pagkage "form".
Kemudian beri URL pattern(s) anda. Untuk contoh ini kita beri nam "/form". Lalu langsung klik finish aja.
Buatlah servlet baru lagi, jadi ada 2 servlet. Lakukan dengan cara diatas saat membuat servlet. Untuk contoh ini servlet yang satunya kita kasih nama "ReadServlet" dan package tetap dengan nama "servlet". Lalu url pattern(s) dengan nama "/read".

Oke, Bagian FormServlet.java sendiri ini kita buat coding untuk membuat form pengisian. Dibawah ini adalah link untuk download script nya, bisa anda copy paste di project anda.

Download untuk script FormServlet.java <-- klik disini
Bagian ReadServlet.java ini untuk memproses dan menampilkan hasil output dari form pengisian tersebut. Dibawah ini adalah link untuk download script nya, bisa anda copy paste di project anda.

Download untuk script ReadServlet.java <-- klik disini

Setelah anda melakukan diatas, jalankan program anda dengan cara klik kanan pada FormServlet.java --> lalu pilih Run File.


Maka hasil dibrowser nya,


Lalu isi terserah anda, dan tekan submit query.


Dan hasil outputnya akan muncul, seperti gambar dibawah ini.



Oke, itu saja dulu untuk contoh yang sangat sederhana dari servlet. Untuk kedepannya akan saya posting tentang Servlet Lanjut Penanganan Form. Jadi di tunggu aja yah, Selamat Belajar :)

0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top